Universitas Gunadarma

Rabu, 06 Januari 2010

SUPERMARKET


istilah super market digunakan untuk setiap toko makanan yang besar yang sifatnya cash and carry, self service yang menjual bahan makanan dan minuman. Definisi yang diberikan oleh supermarket institute america adalah suatu toko makanan yang mempunyai departement departement yang lengkap dan sekurang kurangnya mempunyai bagian bagian yang menjual makanan dan minuman.
seluruh departement adalah self service dan volume penjualannya sekurang kurangnya $ 500.000 setahun
majalah " super market merchandising" dalam suatu penerbitannya memberikan definisi sebagai berikut " super market adalah suatu toko eceran yang mempunyai departement departement yang terdiri dari empat bagian yang pentingbagian bagian makanan dan minuman dimana para pembeli melayani dirinya ( self service ), bagian bagian yang menjual daging bagian hasil pertanian dan baian hasil peternakan dengan jumlah penjualan sekurang-kurangnya sebesar $ 375.000 setahun ".
menurut Rofl Holmgren dari kooperatif for bundet ( cooperative union and wholesale society of sweden ) ciri khas dari supermarket adalah suatu toko besar yang memperjual belikan barang-barang yang terdiri dari :
-80% food
-20% non food
sedangkan departement store memperjual belikan
-10% food
-90% non food
ada perbedaan yang tegas antara supermarket dan marketdalam arti sehari-hari. Market atau pasar dalam arti sehari-hari adalah tempat dimana orang berjual beli tetapi masing masing masing orang memiliki barangnya sendiri sendiri. sedangkan dalam supermarket tokonya dimiliki oleh satu tangan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar