Universitas Gunadarma

Rabu, 06 Januari 2010

KOMUNIKASI BISNIS


PENTINGNYA KOMUNIKASI


masalah komunikasi ini adalah inherent (melekat = sangat penting) terhadap kebutuhan manusia. Rasanya tidak mungkin seseorang hidup sempurna tanpa berkomunikasi dengan orang lain. Demikian pula halnya pada sebuah organisasi bisnis, komunikasi merupakan sumber kehidupannya, seperti dinyatakan ” effective comunication is the ‘ life blood’ of every organization and a key to succes in your bussines career as well as in your personal life” ( murphy and pack). Artinya komunikasi merupakan kunci sukses dalam karir bisnis dan kehidupan pribadi seseorang. Dikatakannya bahwa komunikasi ini sangat penting, sehinggga bila tidak ada komunikasi, maka organisasi itu tidak akan berfungsi. Adapun bentuk organisasi itu sosial, bisnis, profit atau non profit, selalu ada komunikasi antara individudidalamnya dan antar organisasi saling tukar menukar informasi, ide rencana, usul, koordinasi untuk membuat keputusan.

sebagai mana telah kita ketahui bahwa suatu organisasi adalah merupakan kumpulan orang, yang mempunyai tujuan tertentu yang harus mereka capai, melalui kegiatan seperti tertera dalam fungsi-fungsi manajemen. Kelompok orang-orang ini memerlukan komunikasi, baik diantara sesama mereka secara horizontal maupun dengan pihak atasan bawahan secara vertikal. Semakin kompleks organisasi maka semakin komplek pula jalur jalur komunikasi yang terdapat didalamnya. Jalur komunikasi internal, yaitu jalur komunikasi didalam organisasi, sangat penting kelancaran jalannya roda organisasi. Komunikasi internal dapat memotivasi para pegawai dalam organisasi agar lebih bekerja efisien. Mereka memerlukan informasi yang tepat, menerima kejelasan tujuan organisasi, prosedur dan penyelesaian hal-hal yang bersifat kabur dan kontradiksi.
sedangkan komunikasi eksternal diperlukan untuk berkomunikasi dengan orang laiun diluar jalur organisasi, seperti dengan relasi langganan atau konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar