Universitas Gunadarma

Rabu, 06 Januari 2010

PENGERTIAN ORGANISASI


banyak sekali kita jumpai pengertian komunikasi dalam lliteratur, beberapa diantaranya menyatakan bahwa ” komunikasi adalah proses penyampaian dan penerimaan berita atau berita informasi dari seseorang keorang lain. Suatu komunikasi uang tepat tidak bakal terjadi, kalau tidak penyampai berita tadi tidak menyampaikan secara patut dan penerima berita menerimanya tidak dalam bentuk distorsi.
Distorsi ini dapat terjadi karena seseorang mempersepsi lain dari apa yang dimaksudkan oleh pengirim informasi.
oleh sebab itu komunikasi ini sangat erat hubungannya dengan persepsi. Seseorang tidak akan dapat menangkap makna atau pengetahuan jika tidak dapat mempersepsi dengan baik makna atau pengetahuan yang dikomunikasikan. ” persepsi pada hakekatnya adalah proses pengalaman dan pengetahuan yang dialami oleh setiap orang didalam memahami informasi tentang lingkungannya baik lewat penglihatan, pendengaran, penghayatan, perasaan dan penciuman.
Antara penglihatan dengan persepsi dapat timbul salah faham, karena apa yang dilihat, ditafsirkan secara lain.
satu contoh klasik di kemukakannya seseorang mencoba mengamati satu benda misalnya sebatang pohon. Si pengamat mencoba melihat dari berbagai penjuru, lalu dia merasakan pohon itu seakan bergerak, padahal pohon itu tetap berdiri pada tempatnya.
oleh sebab itu masalah makna (meaning) adalah sangat penting dalam proses komunikasi, seperti dikemukakan oleh penukis berikut.

herbert T. mengemukakan bahwa ” communication is the process by which meaning or knowledge is tranferred from one person to another, ussualy for the purpose of obtaining some spesific goal” ( Herbert T 1981 )
komunikasi adalah proses mentransfer pengetahuan atau makna untuk mencapai tujuan tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar